[ New Updates · Members · Rules · Search · RSS ]
  • Page 1 of 1
  • 1
Forum » DevCen (Developer Center) » 3D Modelling & Animating » How to Resmooth a model using 3DS Max (ini apa hayo)
How to Resmooth a model using 3DS Max
Delta_FrostDate: Saturday, 11 Oct 2014, 2:57 PM | Message # 1
New Member
Group: Developer
Messages: 6
Awards: 0
Reputation: 105
Status: Offline
Ini tutorial direquest sama temen-temen ane. Langsung ke intinya saja, ane gk pinter bikin basa-basi :v.
NOTE: This tutorial is not for noob

1. Sediakan:
- Milkshape 3D
- Autodesk 3DS Max 2009 / 2010 / 2011 / 2012 / 2013.
2. Kita pakai contoh model default Desert Eagle CSPB 2014
3. Decompile .mdl tersebut.
4. Buka milkshape 3d kalian dan Klik " File>Import>Half-Life SMD " untuk import .smd desert eagle tadi

5. Lalu setelah model muncul, klik kanan lalu klik "Smooth shaded" untuk mengecek secara jelas apakah model tersebut mengalami penyok di smoothing nya.
ini hasilnya, penyok kan modelnya :v.
6. Export ke Autodesk 3DS format

7. Lalu save file dengan name dan lokasi sesuai keinginan anda.

8. Buka program 3DS Max, lalu import file diatas tadi

9. Akan muncul 2 Dialog box; dialog pertama tekan saja "OK", dialog kedua tekan "Yes"
10. Rotate model agar nantinya lebih mudah saat rigging sendiri, sesuaikan dengan jumlah angka yg ane beri
untuk icon rotate, kalian tinggal klik icon yg sudah berwarna biru.11. Klik tombol yg diberi garis bawah merah dahulu. Lalu klik tombol yg dilingkari merah, dan cari kata "Smooth", lalu klik tulisan tersebut.

12. Klik "Auto Smooth"
udh mulai mulus lagi kan :v
13. Box "Treshold", menunjukkan seberapa kuat level smoothing nya, semakin tinggi angkanya... model menjadi lebih penyok lagi. Ane saranin pakai angka antara 30-45 saja. 30 adalah defaultnya.
lebih mulus lagi :D karena Autosmooth sudah aktif
14. Setelah puas dengan hasilnya, tinggal meng-export model ini ke format .obj (cara teraman)
mungkin saat export tidak perlu ane jelasin lagi. Kalau kalian cuma ingin model mentah nya saja, tutorial berhenti sampai disini( sudah sampai di format .obj )
15. Buka milkshape 3d lagi. Lalu klik "File>Import>Wavefront OBJ"
16. Langsung saja klik "File>Export>Half-Life SMD", model ini sudah siap dipakai untuk rigging/compile :)
17. TAMAT ^_^, hasil akhir :


*Kalau ada pertanyaan, tinggal comment post di blog ini saja :) atau via PM di Facebook ane. Maaf kalau tutorialnya tidak rapi :v.

rep++ nya ya gan :* :v


Message edited by Delta_Frost - Saturday, 11 Oct 2014, 3:00 PM
 
aL_GyverDate: Monday, 13 Oct 2014, 3:49 PM | Message # 2
New Member
Group: Executive Team
Messages: 35
Awards: 0
Reputation: 9
Status: Offline
aw aw, mantap nih tutorial nya 
nyah
nyah!
ah!
Ah!
ah!


 
kenc0d3rDate: Tuesday, 14 Oct 2014, 11:12 PM | Message # 3
New Member
Group: Member
Messages: 10
Awards: 0
Reputation: 0
Status: Offline
Min, mana button reputation-nya? Mau dikasi cendol nih, kiki  share kagak tangung2.. Available to users only
 
aL_GyverDate: Wednesday, 15 Oct 2014, 12:33 PM | Message # 4
New Member
Group: Executive Team
Messages: 35
Awards: 0
Reputation: 9
Status: Offline
disamping nicknya gan , yg ada tanda +- nya

 
Delta_FrostDate: Wednesday, 15 Oct 2014, 5:42 PM | Message # 5
New Member
Group: Developer
Messages: 6
Awards: 0
Reputation: 105
Status: Offline
@kenco3d , semoga bisa sukses gan :)
 
Forum » DevCen (Developer Center) » 3D Modelling & Animating » How to Resmooth a model using 3DS Max (ini apa hayo)
  • Page 1 of 1
  • 1
Search:

Create a free website with uCoz