[ New Updates · Members · Rules · Search · RSS ]
  • Page 1 of 1
  • 1
Adding chrome and phong
sandy7aDate: Sunday, 17 Aug 2014, 1:03 AM | Message # 1
Co-CEO
Group: Executive Team
Messages: 3
Awards: 1
Reputation: 50
Status: Offline
Sorry if i make this tutorial in Bahasa. Because i'm not good at English.

Sebelumnya juga, maaf kalau saya bikin tutorial ini agak belepotan.

Siapkan models pada folder tersendiri. Software yang kita gunakan adalah Milkshape 3D, dan Half Life Models Viewer.
Lalu decompile models tersebut menggunakan tools ini.



Sesudah di decompile, import file SMD/Bagian models yang hendak diedit. (Files > import > Half life SMD)



Pada tab group, rename bagian group yang hendak diedit dengan akhiran chrome apabila ingin melakukan chroming (misal f1chrome.bmp), atau mungkin badan2.bmp atau yang lain apabila ingin membuat fake lighting kondisional berdasarkan pencahayaan pada map (Saya sering menyebutnya phong).
Sesudah itu, ganti texture materialsnya lewat tab materials sama seperti nama texture yang terdapat di tab group.





Kalau sudah, export file SMD yang sudah diedit tadi dengan nama terserah. Di sini untuk chroming saya gunakan nama krum.smd

Lalu saatnya memasukan file smd yang sudah diedit tadi kedalam list file smd yang akan dicompile menjadi 1 file models. (Tools > Half Life > Edit QC File) atau bisa lewat notepad.
Nama file tanpa ekstensi .smd . Kalau sudah save qc filenya.



Lakukan compile file qc yang sudah kita edit tadi dengan tools half life mdl compiler. (Tools > Half Life > Compile QC File)

Tunggu proses selesai (sampai tertera total [berapalah]di log)



Kalau sudah, silakan edit sendiri texture yang digunakan untuk chroming dan phong pada models tadi. (Buka models lewat model viewer). Untuk contoh-contoh texture chrome (64x64) bisa dilihat di beberapa models half-life dan models player Counter Strike. Atau anda bisa mengedit sendiri sesuai selera anda masing-masing ;)

Untuk texture chrome (64x64), centang tanda chrome dan additive pada tab texture lewat half-life models viewer.



Untuk texture phong (duplikat gelap) centang saja additive pada tab texture lewat half-life models viewer.



Kalau dirasa sudah pas, silakan coba di in game dulu. Karena perlu diketahui, hasil saat di half-life models viewer dan in game pasti akan berbeda.
NB pada ingame texture phong dan chrome akan membuat models anda menjadi lebih terang apabila map juga terang tergantung juga dengan texture phong dan chrome yang digunakan. Hasil terang/overbright juga akan bergantung dengan settingan gamma masing-masing. Jadi saya sarankan sebelumnya dicoba dulu di setingan gamma tinggi dulu agar hasil juga bisa memuaskan. Karena setting kalibrasi masing-masing monitor beda-beda.

TIPS HARI INI:
Agar texture terlihat realistis, usakan agar bagian yang agak terang pada texture phong (gelap + additive) adalah bagian yang biasa terkena sinar/cahaya langsung seperti bagian atas models.





Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat!

Poster : Admin Criztz
 
FahriDate: Sunday, 17 Aug 2014, 6:07 AM | Message # 2
New Member
Group: Moderator
Messages: 25
Awards: 0
Reputation: 0
Status: Offline
keren tutorialnya mastah  gasp b

If You Can Dream You Can Do It

Message edited by Fahri - Sunday, 17 Aug 2014, 6:09 AM
 
AlfredoDate: Sunday, 17 Aug 2014, 6:41 AM | Message # 3
Junior Member
Group: Developer
Messages: 82
Awards: 0
Reputation: 0
Status: Offline
Nyimak aja :v
 
BujangDate: Wednesday, 24 Dec 2014, 1:25 AM | Message # 4
Active Member
Group: Member
Messages: 273
Awards: 0
Reputation: 11
Status: Offline
habis di compile eror gan

life is a choice...
Facebook
Blog
 
IlhaMPrODate: Monday, 20 Apr 2015, 11:13 PM | Message # 5
New Member
Group: Member
Messages: 2
Awards: 0
Reputation: 0
Status: Offline
Nyari texture chrome yang bagus dimana ya ? :3
 
  • Page 1 of 1
  • 1
Search:

Create a free website with uCoz